Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Kelas 7 MTS Ma’arif Suka Slamet Indramayu

  • Sofyan Slamet Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Zaitun Indonesia (IAI Alazis) Indramayu Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Bernyanyi, Mufrodat, Bahasa arab

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1.) untuk menggunakan metode pembelajaran bahasa Arab dengan bernyanyi. (2.) Untuk materi disampaikan oleh guru tidak membosankan dan tidak terasa sulit. (3.) Untuk Madrasah tsanawiyah maarif Sukaslamet Indramayu dalam menggambarkan penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan bernyanyi. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitan yang bertujuan melakukan studi yang mendalam tentang suatu unit sosial sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tersebut. Sedangkan pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif . Yakni berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu. Dalam penelitian ini adalah catatan peserta aktif (partisipasi aktif), artinya penulis melakukan observasi langsung terhadap objek yang diamati, baik yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran, metode bernyanyi yang digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab, dan hal-hal lain yang diperlukannya. Secara langsung dengan memperhatikan kondisi proses pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VII SMP Islam Soka Salamat Karoy. Penggunaan teknik bernyanyi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VII SMP Soka Salamat Kroya Endramayu, penggunaan gaya bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab dinilai baik karena dengan bernyanyi siswa belajar merasa senang dan mengurangi rasa bosan saat pembelajaran di kelas, khususnya pada pelajaran bahasa Arab. . Penggunaan gaya bernyanyi tidak berat dan menyulitkan siswa dalam pembelajaran kosakata kelas VII SMP Soka Salamat Kroya Endramayu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-20
Section
Articles